Review Destinasi Wisata Air Panas Lau Sidebuk-debuk, Tanah Karo

Foto lau sidebuk-debuk, pariban dari atas
POSTRAVEL - Pemandian air panas yang paling favorit bagi masyarakat Sumatera Utara adalah Lau Sidebuk-debuk. Tempat pemandiannya berada di daerah Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Pemandian ini memiliki tempat pemandian air panas sampai lima titik suhu yang sangat bervariasi.

Letaknya juga sangat strategis karena berdekatan dengan Gunung Sibayak, jadi tidak diragukan lagi pemandangan yang dihasilkan akan semakin menarik menambah ke estetikan jika berswafoto atau berfoto ria. Latar belakang yang begitu asri ditambah dengan kabut-kabut alami dan pepohonan akan membuat foto yang Anda ambil akan menjadi lebih bernilai.

Destinasi pemandian Lau Sidebuk-debuk ini menjadi tempat favorit di kalangan masyarakat sebagai tempat wisata, walauapun di Karo masih banyak tempat yang bisa dikunjungi. Wisatawan akan ramai setiap harinya apalagi menjelang malam hari sampai pagi dikunjungi oleh wisatawan. Ditambah, apabila menjelang hari libur. Pengunjung akan terlibat lebih ramai bahkan sampai membludak demi merasakan sensasi dari pemandian Lau Sidebuk-debuk. 

Untuk kali ini, penulis akan memberikan informasi terkait pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk yang memberi sensasi rileks kepada pengunjung. Menawarkan berbagai fasilitas, terkait letaknya yang sangat strategis, dan tentunya membahas mengenai ciri khas yang ada di pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk. Karena, tempatnya yang nyaman, maka akan menjadi pilihan rekomendasi pengunjung untuk berlibur ketempat ini.

1. Letak Lau Sidebuk-debuk
Letak dari pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk ini ada di daerah Kecamatan Berastagi, Kabupeten Karo, Sumatera Utara. Pemandian air panas ini khusunya yang ada di Berastagi sekitar tahun 1990-1998. Di daerah ini ada sekitar puluhan sumber pemandian air panas yang pastinya akan dibuka setiap hari selama 24 jam.

Untuk sampai ke pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk ini, Anda hanya menempuh perjalanan kurang lebih 58 kilometer jika melewati jalur Berastagi yang berangkatnya dari Medan.

Setelah itu, Anda akan menemukan pos polisi dan jika Anda memperhatikan maka akan terlihat tulisan “Hot Springs Sidebuk-debuk”. Lanjut, menempuh perjalanan sekitar 1 kilometnter lagi jika berjalan kaki untuk sampai ke kolam pemandian.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana gunung Sibayak yang ada di daerah belakang kolam dan melihat-lihat suasana rumah penduduk yang berjajar. Karena berjalan, maka Anda akan merasakan sedikit berkeringat karena perjalanannya menanjak dan suhu yang akan dilalui cukup dingin.

2. Fasilitas Lau Sidebuk-debuk
Jika Anda memasuki kawasan pemandingan Lau Sidebuk-debuk ini maka Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 untuk tiket masuk. Jika Anda membawa kendaran seperti motor atau mobil maka akan dikenakan tarif tambahan sebesar Rp. 5.000 untuk parkir roda dua, dan sebesar Rp. 10.000 untuk parkir roda empat.

Fasilitas yang Anda akan dapatkan jika berkunjung ke pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk, yaitu seperti kamar ganti, toilet yang bisa digunakan secara umum, kemudian jika Anda tidak membawa baju ganti maka Anda bisa menyewa pakaian ganti, dan yang terakhir Anda juga bisa menyewa tempat penginapan yang tentunya dengan harga terjangkau.

Karena ada tempat penginapan tersebut, Anda tidak perlu khawatir jika pulang terlalu sore. Karena, jika Anda menginap di tenpat yang sudah disewakan, malam harinya Anda akan bisa menikmati pemandian air panas lagi karena, pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk ini akan terbuka sampai 24 jam lamanya.

3. Ciri Khas dari Pemandian Air Panas Lau Sedebuk-debuk
Setiap tempat wisata pasti akan memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satunya pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk ini. Konon katanya, masyarakat setempat mempercayai jika Anda memiliki penyakit kulit, seperti elergi atau gatal-gatal maka dengan mandi di Lau Sedebuk-debuk ini insyaallah akan cepat sembuh, karena mengandung belerang yang akan memberi sensasi pada kulit Anda.

Ternyata setelah ditelusuri, pemandian air panas ini awalnya dikelola oleh pemerintah, tetapi karena kalah saing dengan pemandian lainnya yang lebih menarik maka pemandian ini menjadi terlantar. Padahal, sebenarnya pemandian ini cukup menarik karena memiliki warna air yang kebiru-biruan dan airnya juga jernih  jika dipandang akan sangat menarik dan nyaman kalau dilihat.

Ciri khas lainnya, pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk ini sangat menakjubkan karena,  air yang dihasilkan asli dari mata air dari bawah tanah disertai ada gelembung-gelembungnya, bukan seperti kolam-kolam pada umumnya yang alirannya dari pipa.

Lanjut, selain air belerang yang memiliki manfaat yang sangat banyak dan memiliki khasiat pada kulit yang bermasalah. Anda juga bisa melihat panorama  yang ada di Gunung Sibayak yang memiliki pemandangan sangat sejuk untuk dipandang.

Pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk ini Anda juga bisa memilih tempat atau lapak untuk suasana tempat mandi dengan tujuan bersantai atau merilekskan badan. Salah satu tempat yang ramai sampai saat ini dan menjadi tempat favorit bagi pengunjung, ialah Pariban.

Foto pemandian air panas pariban lau sidebuk-debuk
Letaknya dibagian dataran tinggi maka dari itu, jika Anda kesini harus mempersiapkan baju tebal agar terhindar dari kedinginan jika Anda mudah kedinginan, Kolam-kolam yang ada disanan pun suhunya bervariasi tergantung keinginan pengunjung. Bagi anak-anak juga ada kolam-kolam yang tidak terlalu panas, sehingga aman untuk dimasuki.

Tak hanya itu, kekhasan dari pemandian ini selain panas, ternyata juga memiliki tempat pemandingan yang dingin pula. Karena, sangat dekat dengan gunung maka airnya juga sangat dingin. Maka, tak heran jika kolam-kolam yang ada disana sangat banyak dan pengunjung bebas memilih kolam sesuai dengan suhu yang diinginkan.

Baru-baru ini ada fasilitas yang telah disediakan di kolam pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk, yaitu waterboom yang bisa dipakai dan dinikmati oleh pengunjung anak-anak. Selain itu, wisata ini juga menyediakan taman-taman yang diisi oleh kelinci, ada juga kolam-kolam ikan, serta untuk menghabiskan liburan tersedia juga penginapan.

Jika Anda bosan untuk berendam atau berniat tidak merendam, Anda bisa berkeliling-keliling untuk menghabiskan waktu dengan melihat-lihat pemandangan yang ada disana.

Makanan dan minuman yang disana juga beragam jenisnya dan tentunya disediakan oleh Anda. Jika Anda sudah berendam, pasti merasakan lapar disana juga telah disediakan makanan seperti mi seduh, bakso kuah, mi, dan lain sebagainya.

Untuk minumannya juga banyak jenisnya seperti, kopi, teh manis, susu, dan lain sebagainya. Jadi, jika Anda tidak membawa bekal bisa membeli di area tersebut. Tapi, kalau berlibur dengan keluarga dianjurkan untuk membawa bekal dari rumah untuk menghemat pengeluaran dan makanan juga dijamin higenis.

Jadi, bagaimana apakah Anda berniat untuk berlibur di pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk ini? tempat yang paling nyaman untuk bersantai dan melihat-lihat pemandangan yang ketika mata memandang langsung sejuk.

Selain itu sebagai tempat healing  yang terbaik dan tentunya menjadi salah satu tempat yang paling direkomendasikan. Jika Anda kesini bisa mengajak keluarga besar, teman-teman, ataupun pasangan.

Foto kolam pemandian air panas pariban lau sidebuk-debuk

Sebelumnya Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url